15 Nov 2014

Efek Sketsa Pensil

Efek sketsa pensil selalu memberikan kesan unik pada foto. Goresan-goresan pensilnya yang tak beraturan menggambarkan bentuk yang sebenarnya. Bagi saya, itu sangat mengesankan sekali. Nah, pada tutorial ini saya akan guide anda membuat efek sketsa di Photoshop dengan file action dan file Pattern yang sudah saya siapkan.
Sebelum memulai prakteknya, silahkan download dulu file action dan file pattern-nya: Download Action | Download Pattern. File yang anda download masih dalam format zip sehingga anda harus meng-extract-nya terlebih dahulu. Jika sudah download dan extract, yuk ikutin step by step berikut:
Double klik pada file action dan file pattern-nya.
efek sketsa pensil
Silahkan buka foto yang ingin anda edit di Photoshop. Saya menggunakan foto berikut.

efek sketsa pensil

Klik menu Window > Actions untuk menampilkan palette Action.

efek sketsa pensil

Pada palette Actions ada group “Sketch Artist” dan di dalam group tersebut ada 3 pilihan Action. Kalau saya lebih suka dengan pilihan yang ke dua (Sketch_02). Silahkan anda pilih salah satu actionnya (Sketch_01/ Sketch_02/ Sketch_03) dengan cara mengkliknya. Jika sudah, klik icon Play Selection.

efek sketsa pensil

Tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai. Hasil yang saya dapatkan fotonya akan menjadi seperti berikut ini, selamat mencoba.

efek sketsa pensil

No comments:

Post a Comment

Artikel Terkait